5 Cara Merawat Bayi agar Tumbuh Dengan Sehat

Ketika memiliki bayi, banyak perawatan yang harus dilakukan. Bayi membutuhkan perawatan serta perhatian yang lebih. Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk merawat seorang bayi. Berikut beberapa cara merawat bayi bagi para orang tua.

cara merawat bayi

1. Merawat bayi dengan menjaga kebersihan
Cara dalam merawat bayi yang paling utama yaitu dengan menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan bayi dapat dilakukan dengan memandikan bayi secara tepat. Kebersihan bayi tidak hanya dapat dirawat ketika dalam proses memandikan bayi.

Kebersihan bayi juga harus diperhatikan dengan memastikan jika tangan selalu bersih sebelum memegang bayi. Hal ini agar bayi tidak tertular kuman yang berasal dari orang lain. Dalam soal penularan penyakit bayi masih begitu rentan.

2. Menjaga Bayi tetap Aman
Cara merawat bayi yang selanjutnya yaitu membuat bayi tetap aman. Menjaga bayi tetap aman dapat dilakukan dengan berhati-hati ketika menggendong bayi. Bagian kepala dan leher harus menjadi bagian yang paling diperhatikan. Selain itu, ketika ingin membangunkan bayi, sebaiknya tidak mengguncang tubuh bayi.

Hal Ini dapat menyebabkan bayi mengalami pendarahan otak. Menggoyang-goyang lutut bayi juga dapat berbahaya bagi bayi.

3. Memandikan bayi
Memandikan bayi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam merawat bayi. Memandikan bayi memerlukan perhatian yang khusus. Sementara jenis sabun, shampoo atau peralatan mandi lainnya sebaiknya merupakan peralatan mandi yang diperuntukkan bagi bayi. Bayi yang baru lahir biasanya dimandikan dua kali dalam seminggu.

cara merawat bayi

Penggunaan produk yang memang diperuntukkan bagi bayi dapat mencegah bayi mengalami iritasi. Memandikan bayi baru lahir tentunya berbeda dengan bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Proses memandikannya harus dilakukan secara hati-hati.

4. Pemberian susu
Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memiliki bayi yaitu pemberian susu. Bayi yang baru lahir membutuhkan susu cukup banyak dan juga cukup sering. Pemberian susu pada bayi umumnya dilakukan 8 hingga 15 kali sehari. Kapasitas perut bayi yang kecil menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, bayi yang baru lahir juga tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan lainnya selain susu.

Pemberian susu pada bayi sebaiknya dilakukan sebelum bayi menangis dan merasa lapar. Jika bayi sudah dalam keadaan menangis karena lapar, maka bayi akan lebih sulit menelan susu yang diberikan.

5. Mengganti popok bayi
Cara dalam merawat bayi lainnya yaitu mengganti popok bayi. Bayi yang baru lahir juga biasanya lebih banyak mengeluarkan kotoran. Meski sebenarnya hal ini dipengaruhi oleh pemberian makanan untuk bayi. Bayi yang diberi susu formula biasanya lebih banyak mengeluarkan kotoran dibanding dengan bayi yang diberi ASI.

Bayi bisa saja mengeluarkan kotoran baik besar maupun kecil hingga 10 kali sehari. Maka dari itu, pemasangan popok yang tepat menjadi cara merawat bayi yang harus diketahui dengan benar.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat bayi. Cara dalam merawat bayi harus diketahui agar kesehatan anak serta keamanan bayi selalu terjaga. Cara ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi pasangan yang baru pertama kali memiliki bayi. Kurangnya pengalaman dalam merawat bayi biasanya dapat menimbulkan masalah bagi orang tua maupun bayi.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai cara merawat bayi yang tepat harus dipersiapkan dan ketahui sebelum bayi lahir. Perawatan bayi yang ditangani langsung oleh orang tua juga memiliki manfaat bagi hubungan orang tua dan anak, dimana akan ada ikatan pada mereka.