Nih Loh, Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar!

Memandikan bayi merupakan kegiatan penting untuk bayi. Karena pentingnya, proses dalam memandikan bayi harus dilakukan dengan benar. Untuk para orang tua utamanya, cara memandikan bayi baru lahir menjadi hal yang penting untuk diketahui. Sama dengan manusia pada umumnya, mandi merupakan kegiatan untuk membersihkan tubuh bayi.

Cara Memandikan Bayi

Selama proses memandikan bayi sebaiknya dilakukan secara hati-hati agar bayi tidak terluka. Proses memandikan bayi dapat juga disebut sebagai salah satu jenis perawatan yang penting bagi bayi. Berikut beberapa cara yang dilakukan ketika memandikan bayi:

1. Mempersiapkan peralatan mandi
Peralatan mandi yang digunakan untuk memandikan bayi tentunya diperuntukkan khusus untuk bayi. Biasanya sudah tersedia sabun, shampoo dan peralatan mandi yang sudah dikhususkan untuk bayi. Peralatan mandi yang dibutuhkan oleh bayi lainnya yaitu handuk yang lembut, ember mandi, serta air hangat.

Air hangat yang biasa digunakan untuk memandikan bayi memiliki suhu sekitar 36 atau 37 derajat celcius. Suhu air untuk mandi menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Bayi tidak boleh mandi dalam keadaan air yang terlalu panas atau dingin.

2. Proses memandikan bayi
Proses dalam memandikan bayi dapat dimulai dengan membuka pakaian bayi dan meletakkan bayi dalam posisi yang nyaman. Cara memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat juga penting untuk diperhatikan para orang tua.

Bagian tubuh pertama bayi dimandikan yaitu bagian mata. Mata merupakan bagian tubuh yang cukup sensitif. Wajah bayi dibasahi dengan menggunakan air terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Ketika membersihkan mata bayi dapat menggunakan kapas yang sudah dibasahi. Bagian wajah bayi juga dibersihkan secara perlahan. Begitu juga bagian mulut bayi.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Bagian kepala bayi juga dibasuh dengan air. Selanjutnya, membersihkan bagian tubuh yang lainnya. Bagian tubuh seperti leher, lengan, dada, perut, dan juga kaki dibersihkan. Cara membersihkan bagian tubuh seperti leher, lengan dada dan sebagainya dapat menggunakan sabun. Tubuh bayi sebelumnya telah dibasuh terlebih dahulu. Cara memandikan bayi baru lahir yang paling penting yaitu dengan memperhatikan daerah lipatan tubuh bayi. Ini karena bagian tersebut biasa terlupakan ketika tengah memandikan bayi.

Selain itu, bagian tersebut juga terkadang lebih kotor dari bagian tubuh lainnya.
Sebaiknya memilih sabun yang memiliki PH yang seimbang. Ini berguna untuk mencegah mata bayi pedih ketika terkena sabun. Setelah bagian tubuh bayi sudah selesai untuk dimandikan, cara memandikan bayi baru lahir selanjutnya yaitu dengan mencuci rambut bayi. Proses ini juga sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Setelah bayi selesai dimandikan, tubuh bayi dikeringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.

3. Proses setelah bayi dimandikan
Setelah bayi selesai dimandikan, langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu dengan mengangkat bayi. Cara mengangkat bayi dapat dilakukan dengan meletakkan salah satu tangan di bagian bawah pundak bayi. Ketika salah satu tangan berada di bawah pundak bayi, maka tangan lainnya berada di bawah pantat bayi.

Bayi kemudian dimasukkan secara perlahan ke bak mandi. Bilas bayi hingga bersih dan tidak meninggalkan sabun di tubuhnya. Bayi kemudian diangkat dengan menggunakan handuk. Selama proses memakaikan baju pada bayi, handuk bayi sebaiknya selalu digunakan untuk membungkus bayi agar bayi selalu merasa hangat.

Demikian cara memandikan bayi baru lahir yang dapat digunakan para orang tua untuk memandikan bayi mereka. Ketika memandikan bayi, bagian tubuh yang sensitif juga dibersihkan dengan benar.