Resep Makanan Bayi Sehat dan Bergizi Sesuai Umur Bayi Bunda

Makanan merupakan salah satu bagian penting untuk proses tumbuh kembang bayi. Meski begitu, bayi tidak boleh makan makanan yang tidak tepat. Hal ini dapat berakibat pada pencernaan bayi. Bayi sebaiknya memakan makanan yang cenderung lunak dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Makanan Bayi Sehat

Resep makanan bayi sekarang ini dapat dibuat sendiri dengan mudah oleh para orang tua. Bayi umumnya baru diberi makan setelah 6 bulan. Karena pada 6 bulan pertama bayi sebaiknya diberi ASI. Makanan yang diberikan pada bayi sendiri merupakan makanan yang diberikan sesuai dengan usia bayi.

Berikut beberapa resep makanan yang dapat diberikan pada bayi ketika bayi memasuki usia 6 sampai dengan 8 bulan.

Makanan bayi usia 6 bulan

Resep bubur bayi 6 bulan buatan sendiri dapat berupa bubur susu. Jenis makanan yang diberikan pertama kali pada bayi usia 6 bulan juga disebut dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Jenis makanan yang diberikan tersebut cenderung memiliki tekstur yang encer agar bayi lebih mudah dalam mencerna.

Resep Makanan Bayi Sehat

Makanan bayi sehat dapat dibuat dengan menggunakan susu. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan bayi berupa bubur susu yaitu tepung beras dan juga susu formula. Komposisi untuk masing-masing bahan yaitu 3 sendok makan untuk tepung beras dan 200 ml susu formula. Cara untuk membuat bubur susu diantaranya yaitu:

– Tepung beras dengan susu formula dilarutkan.
– Kedua bahan tersebut diaduk hingga rata.
– Bahan dipanaskan dengan menggunakan api kecil dan diaduk hingga kental dan matang.
– Setelah matang, bubur susu kemudian diangkat dan didiamkan hingga panasnya menghilang.

Jenis resep makanan bayi lainnya yang diberikan ketika bayi berusia 6 bulan diantaranya yaitu bubur kacang hijau, bubur buah, dan bubur susu kentang. Pembuatan makanan untuk bayi usia 6 bulan juga harus memasukkan susu sebagai bahan utamanya. Selain itu, dengan beragamnya jenis makanan yang dapat diberikan pada bayi, berguna untuk menghindari bayi merasa bosan.

Makanan bayi usia 7-8 bulan

Bayi usia 7-8 bulan sudah dapat diberikan makanan dengan tekstur yang lebih kasar. Pemberian jenis makanan dengan tekstur yang lebih kasar atau semi padat sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sementara jenis bahan yang digunakan untuk makanan sudah lebih beragam.

Resep Makanan Bayi Sehat umur 7 bulan

Contoh makanan bayi sehat yang sudah dapat diberikan pada bayi di usia ini yaitu nasi tim saring dengan brokoli sebagai menu makanan bayi sehat. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep makanan bayi nasi tim saring dengan brokoli diantaranya yaitu

– 20 gram beras
– 25 gram daging giling
– 625 cc air
– 25 gram brokoli tanpa tangkai
– 10 gram keju parut
– 1 butir kuning telur
– 25 gram tomat

Cara membuatnya yaitu:
– Daging giling, air dan beras direbus. Brokoli dan juga tomat kemudian dimasukan.
– Kuning telur serta keju parut kemudian dimasukan sambil diaduk hingga merata.
– Setelah makanan matang, makanan didinginkan dan dihaluskan agar dapat dicerna dengan baik oleh bayi.

Itulah cara dalam membuat makanan untuk bayi. Selain nasi tim saring dengan brokoli, jenis makanan semi padat yang dapat diberikan pada bayi memiliki jenis lainnya.

Pemberian makanan pada bayi sebaiknya disesuaikan dengan usia bayi. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi fungsi pencernaan bayi. Resep makanan bayi juga termasuk resep yang mudah dan dapat dibuat sendiri oleh orang tua.