Mengetahui Perkembangan Bayi 1 Bulan

Bagi orang tua, melihat bayi tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat menjadi kebahagiaan tersendiri. Umumnya bayi mengalami perkembangan tiap bulannya. Perkembangan bayi 1 bulan dapat diketahui dari perkembangan fisik maupun perkembangan kognitif bayi.

Perkembangan bayi 1 bulan

Pada usia 1 bulan bayi mengalami perkembangan baik pertumbuhan secara fisik, bahasa, kognitif, maupun emosional. Perkembangan bayi ini dapat diketahui dan dimaksimalkan jika orang tau mengetahui tahapan perkembangan ini. Tahap-tahap perkembangan yang terjadi pada bayi diantaranya yaitu:

a. Perkembangan fisik
Tahap perkembangan bayi yang pertama kali dilihat yaitu tahap perkembangan fisik. Fisik pada bayi terutama pada 1 bulan pertama mengalami perkembangan yang cukup cepat. Perkembangan fisik pada bayi di usia 1 bulan yaitu dengan menggerakan tangan dan kakinya. Untuk memaksimalkan perkembangan bayi tahap fisik ini, orang tua sebaiknya melakukan beberapa cara.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan pakaian yang longgar pada bayi. Selain itu, menempatkan bayi pada posisi yang aman juga dapat membantu bayi untuk berkembang secara fisik. Meletakkan bayi pada tempat yang aman juga dapat dilakukan pada perkembangan bayi 1 bulan ke atas.

b. Perkembangan bahasa
Perkembangan bahasa merupakan perkembangan bayi yang diawali dengan bayi mengeluarkan suara. Bayi juga dapat mulai mengenali suara serta sumber suara. Cara yang tepat yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan bahasa bayi diantaranya yaitu bernyanyi untuk bayi, berbicara pada bayi, memasang musik, hingga membacakan cerita dapat membantu bayi untuk memahami bahasa. Hal tersebut dapat dilakukan orang tua meski bayi belum mengerti.

Perkembangan bayi 1 bulan

c. Perkembangan kognitif
Umumnya bayi yang telah berusia 1 bulan dapat melihat objek yang berjarak 20 hingga 30 cm. Perkembangan bayi 1 bulan berupa perkembangan kognitif ini sendiri dapat dibantu oleh orang tua dengan melakukan beberapa cara. Cara tersebut diantaranya yaitu mendekatkan wajah pada bayi ketika berbicara. Hal ini akan membantu bayi untuk mengenali wajah seseorang.

Cara selanjutnya yaitu dengan meletakan benda yang memiliki bentuk tertentu di dekat bayi. Benda dapat diletakkan dekat dengan tempat tidur bayi. Bisa juga dilakukan dengan memberikan mainan tersebut pada bayi. Penggunaan benda untuk membantu perkembangan kognitif bayi sebaiknya menggunakan warna-warna yang cerah.

Perkembangan bayi merupakan suatu hal yang harus diketahui oleh setiap orang tua. Tiap bulannya bayi mengalami tingkatan perkembangan yang berbeda. Jika bayi mendapatkan bantuan untuk menghadapi tahapan perkembangan bayi, maka tahapan perkembangan tersebut akan terjadi dengan baik. Orang tua tentunya ingin memiliki anak yang sehat serta tumbuh dengan baik.

Perkembangan bayi 1 bulan

Dengan membantu memberikan rangsangan pada tiap perkembangan bayi dapat membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perkembangan bayi 1 bulan akan lebih mudah diterapkan oleh orang tua jika orang tua tau mengenai tahap perkembangan anak. Perkembangan yang juga terjadi ketika bayi berusia 1 bulan diantaranya yaitu bayi menjadi lebih sensitif pada lingkungan sekitarnya. Dimana alat pendengaran dan penglihatan bayi akan semakin lebih baik.

Bayi juga lebih dapat merasakan apa yang tengah terjadi di sekelilingnya. Pada tahap perkembangan ini, bayi juga dapat memberikan respon. Bayi juga dapat menunjukkan respon manusia pada umumnya. Seperti bayi akan terkejut jika mendengar suara keras secara tiba-tiba.

Perkembangan bayi 1 bulan harus selalu diperhatikan oleh orang tua, agar orang tua dapat mengambil langkah yang tepat untuk perkembangan bayi.