Umur Bayi 6 Bulan Bunda Apakah Sudah Mengalami Perkembangan Ini?

Melewati setengah tahun pertama menjadi momen dimana pada umumnya bayi telah mulai aktif. Perkembangan bayi 6 bulan bisa dilihat dari 3 aspek yaitu kemampuan motorik, bicara, dan sosial. Nah, coba cek, apakah perkembangan-perkembangan di bawah ini sudah dialami oleh bayi 6 bulan Bunda?

Bayi 6 Bulan

Pertumbuhan Bayi 6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, berat badan bayi biasanya telah mencapai dua kali lipat berat badan waktu lahir. Berat badan bayi 6 bulan laki-laki bisa mencapai 6,4-9,7 kg, sedangkan bayi perempuannya mencapai 5,8-9,2 kg. Tak hanya itu saja, tinggi badan bayi laki-laki berusia 6 bulan mencapai 63,6-71,6 cm, sedangkan bayi perempuan mencapai 61,5-70 cm.

Perkembangan Bayi 6 Bulan pada Kemampuan Motoriknya

Pada usia ini, otot kaki dan lengan bayi 6 bulan telah memiliki kekuatan untuk menopang sebagian berat tubuhnya. Sehingga, mereka sudah siap untuk memasuki tahapan selanjutnya, yaitu merangkak. Sebagian bayi mungkin akan mulai merangkak ke belakang baru ke depan, atau sebaliknya.

Membantu merangsang kemampuan motoriknya tersebut dengan menempatkan mainan di sekitarnya untuk dijangkau. Bunda juga bisa melatihnya dengan membantu bayi Bunda untuk berdiri pada pangkuan atau lantai dengan cara memegang kedua ketiaknya. Kemampuan mereka untuk mulai bergerak ini tentunya membutuhkan pengawasan lebih, sehingga sebaiknya tidak ditinggal sendirian.

perkembangan bayi 6 bulan

Tidak hanya itu, perkembangan bayi 6 bulan yang bisa dilihat dari kemampuan motorik lainnya meliputi:

– Mulai mengangkat benda di satu tangan kemudian memindahkannya ke tangan lain. Terkadang juga suka menjatuhkan benda tersebut ke lantai untuk menimbulkan bunyi.
– Mulai tertarik pada detail atau benda-benda kecil apapun yang dilihatnya, sehingga mereka perlu diawasi agar tidak menelannya.
– Mulai dapat menggulingkan badan ke depan dan belakang.

Kemampuan untuk Mulai Berceloteh

Perkembangan bayi 6 bulan lainnya adalah kemampuan pemahaman terhadap bahasa yang lebih cepat. Ketika mereka mendengar orang di sekitarnya berbicara, ia akan mulai berceloteh untuk menirukannya dengan menggabungkan konsonan dan vokal seperti ‘ma’, ‘ah’, ‘ba’, dan lain-lain. Bahkan, ketika namanya dipanggil, bayi 6 bulan sudah bisa merespon. Ia juga akan menggunakan gerak tubuh untuk berkomunikasi seperti melambai pada orang lain, menggeleng jika tidak mau, atau menunjuk sesuatu yang diinginkan.

Bunda bisa merangsangnya dengan menyanyikan lagu anak-anak baik dengan atau tanpa lirik untuk membantu perkembangan otaknya. Selain itu, sering membacakan buku dongeng yang berisi gambar-gambar menarik juga bisa dilakukan. Ini bisa membantu mengembangkan kemampuan bahasanya dan menumbuhkan rasa cinta kepada buku.

Kemampuan Berinteraksi

Bayi 6 bulan akan mulai aktifnya berinteraksi dengan sekitarnya. Ia akan lebih mudah untuk diajak bercanda dan merespon senyuman atau ekspresi dari orang lain. Ia mulai bisa membedakan wajah orang yang dikenal dan yang asing.

perkembangan bayi 6 bulan

Biasanya, bayi mulai dapat akrab dengan orang yang dianggapnya menarik, terutama orang tua dan orang terdekat. Bayi juga akan mulai berusaha menarik perhatian baik dengan menangis, berteriak, menjatuhkan atau memukul-mukul benda untuk menimbulkan kegaduhan, serta masih banyak lainnya.

Kemampuan Mengonsumsi Makanan Padat

Bayi usia 6 bulan mulai bisa mengonsumsi makanan padat. Sangat disarankan untuk memberikan menu makanan bayi umur 6 bulan dengan lebih banyak buah dan sayuran. Hal ini penting untuk mencegah bayi susah buang air besar. Bunda juga bisa memberikan finger foods (makanan yang dipotong kecil-kecil) untuk memudahkankan menggenggam dan memasukkannya ke mulut.

Jadi, apakah bayi Bunda sudah mengalami perkembangan bayi 6 bulan di atas? Apabila anak Bunda  sama sekali belum, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter untuk melihat kondisinya.