Apa Saja Ciri-Ciri Perkembangan Bayi 7 Bulan?

Jika pada usia sebelumnya bayi hanya bisa bermain sambil duduk, siap-siap, memasuki usia 7 bulan mereka akan mulai bisa belajar merangkak. Nah, selain itu, apa sajakah ciri-ciri perkembangan bayi 7 bulan yang bisa Anda pelajari? Cek detailnya di bawah ini.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

1.     Belajar Merangkak
Bayi usia 7 bulan akan mulai belajar merangkak diawali dengan scooting atau berpindah dengan menggeser bokong. Ketika sedang tengkurap, ia juga akan merayap atau menggeser tubuh dengan lengan dan kakinya.

2.    Suka Menemukan Benda yang Tersembunyi
Pada usia ini, bayi Bunda akan suka menemukan benda atau mainan yang tersembunyi. Bunda bisa mengajaknya bermain dengan menutup mainan di bawah kain. Kemudian, buka kain dan katakan “itu dia!” atau semacamnya secara berulang.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Nah, anak Bunda biasanya sangat menyukainya dan berusaha menirukan dengan membuka kain sendiri. Selain itu, ia juga sangat suka diajak bermain cilukba. Perkembangan bayi 7 bulan ini dikarenakan mereka mulai bisa memahami bahwa objek yang tidak dapat dilihat langsung berarti tidak ada.

3.    Belajar Minum dengan Sedotan
Selain bisa memakan finger foods, bayi 7 bulan juga sudah bisa diajari untuk minum dengan cara menggunakan sedotan. Ketika di awal bayi masih kesulitan menyedot dengan sedotan dan mulai frustasi, sebaiknya Bunda melepas tutup gelas.Anda justru bisa membiarkannya minum langsung dari gelas. Mengajari bayi untuk minum dari gelas lebih cepat justru lebih baik sehingga mereka bisa lebih cepat pula lepas dari dot dan botolnya.

4.    Mulai Takut Berpisah dengan Ibu
Ia mungkin akan lebih sering menangis ketika melihat ibu keluar meninggalkan ruangan. Sebelum meninggalkannya, Bunda sebaiknya memberikan si Kecil pelukan, ciuman, dan mengucapkan bahwa Bunda  akan kembali sebentar lagi. Walaupun belum paham akan hal tersebut, namun perlakuan ini dapat membantu mengurangi separation anxiety atau kecemasan berlebih karena merasa lebih nyaman.

5.    Pertumbuhan gigi
Perkembangan bayi 7 bulan juga bisa dilihat dari perubahan fisiknya. Si Kecil akan mulai mengalami tumbuh gigi kecil di bagian tengah bawah, sehingga mungkin mereka akan mulai mengeces karena produksi air liur yang berlebih. Walaupun beberapa bayi sudah mulai tumbuh sejak 3 bulan, namun usia 4-6 bulan tetaplah normal. Bunda bisa mulai memberinya potongan buah dingin atau mainan lembut yang nyaman digigit untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi yang sedang tumbuh.

Tips Mendorong Perkembangan Bayi 7 Bulan

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan anak Anda semakin seimbang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai sebagai bentuk stimulasi bayi 7 bulan, meliputi:

  • Meletakkan mainan jauh dari jangkauan agar ia mau merangkak ke arahnya dengan kedua tangan dan lututnya.
  • Dari posisi duduk, tarik bayi Bunda ke posisi berdiri di tempat yang datar untuk membantu memperkuat otot kakinya.
  • Ajari anak Anda memasukkan, mengeluarkan, dan memasukkan kembali mainan dari sebuah wadah secara berulang untuk melatih motorik halusnya.
  • Tunjukkan dan kemudian biarkan anak Bunda untuk mengikuti bagaimana cara untuk memukul gendering atau benda lain yang bisa menghasilkan suara.
  • Ambil buku atau majalah yang berisi gambar-gambar menarik yang lucu dan berwarna-warni. Bunda bisa menyebutkan nama gambar tersebut. Cara ini mampu membantu menstimulasi kemampuan mengolah bahasanya.
  • Untuk membantunya bersosialisasi seperti dengan cara melambaikan tangan sambil berkata “daa daa” ketika ayah atau orang di dekatnya hendak pergi.

Apabila anak Bunda belum mengalami perkembangan bayi 7 bulan di atas, jangan khawatir. Setiap bayi mungkin mengalami periode tahapan perkembangan yang berbeda-beda. Namun, apabila Bunda ragu, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter anak.