Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Tidak Boleh Bunda Lewatkan

Apakah bayi Bunda mulai menginjak usia 8 bulan? Bunda mungkin akan mulai disibukkan dengan berbagai tingkah lakunya yang mulai sangat aktif dan menggemaskan. Nah, berikut merupakan ciri-ciri perkembangan bayi 8 bulan yang normal dialami oleh mereka sebagai berikut.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Perkembangan Bayi 8 Bulan Secara Fisik

Secara fisik, bayi kaki-laki berusia 8 bulan memiliki bobot sekitar 7-10,5 kg dengan tinggi badan mencapai 66,5-74,7 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat badan sekitar 6,3-10 kg dengan tinggi badan 64,3-73,2 cm.

Perkembangan Kemampuan Motorik Bayi

Menginjak usia 8 bulan, bayi awalnya baru bisa merayap dengan menggerakkan tangan dan menarik tubuhnya. Setelah otot kaki dirasa lebih kuat sebagai pondasi, maka ia akan mulai menggunakan lutut. Ketika sudah lebih familiar, maka ia akan mulai merangkak lebih aktif ke depan dan ke belakang.

Bayi 8 Bulan

Selain itu, perkembangan bayi 8 bulan juga akan mulai senang menggerakkan mainan atas dasar rasa ingin tahunya, seperti meremas, memukul, dan menjatuhkannya. Terutama, ia paling senang bermain dengan benda yang menyerupai bentuk aslinya seperti buah-buahan, telepon atau alat musik mainan. Bayi Bunda juga akan penasaran untuk memasukkan jarinya ke lubang-lubang kecil atau menggerakkan barang-barang yang bisa menghasilkan bunyi.

Bunda juga bisa memulai mengajarinya berjalan dengan cara memegang kedua tangannya. Bunda tidak perlu memakaikannya sepatu karena kaki telanjang lebih dapat membantu menjejakkan kali lebih seimbang sehingga otot kakinya lebih kuat.

Berceloteh dengan Lebih Jelas

Ketika mendengar kata-kata yang sering didengarnya, maka bayi usia 8 bulan akan meresponnya dengan lebih jelas. Misalkan, ia mungkin sudah bisa berceloteh “mam” untuk meminta makan atau “ma” atau untuk memanggil mamanya. Maka dari itu, Bunda bisa lebih sering bercerita dan mengajaknya berbicara tentang kondisi di sekitarnya. Bunda bisa sekedar memperkenalkan nama dari setiap objek yang ada di sekitarnya, mulai dari bagian tubuh, hewan peliharaan, atau nama mainannya.

Mulai Pintar Menirukan Gerakan

Perkembangan bayi 8 bulan dapat dilihat dari kemampuan sosialnya.Ia mulai bisa menirukan berbagai perilaku seperti berbicara di telepon, menyisir rambut, berdansa ketika mendengar musik, dan lain sebagainya. Ia memang belum memiliki kemampuan untuk memahami secara utuh maupun mengerti peraturan main. Walaupun ia melakukan kesalahan, penting untuk memberikan pujian ketika ia melakukan sesuatu yang baik dan melarangnya untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak baik.

Bayi 8 Bulan

Jangan lupa ajak juga dia berinteraksi dengan orang sekitar. Bayi usia 8 bulan sudah mulai memiliki penglihatan yang hampir setara seperti orang dewasa, sehingga ia bisa melihat seseorang dari jarak jauh. Walaupun terkadang ia takut dengan suara asing dan keras seperti suara laju kendaraan, peluit, dan lain sebagainya, bantu tenangkan dirinya sehingga ia menjadi lebih berani.

Tips Bagi Orang Tua dengan Bayi Usia 8 Bulan

Karena bayi usia 8 bulan mulai aktif bergerak, terutama merangkak, maka kemungkinan mereka terjatuh lebih besar. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membuat kondisi rumah Bunda aman dan sehat dari bayi ketika sedang aktif merangkak. Pastikan lantai bersih dari kotoran atau benda kecil yang mungkin akan dimasukkan ke dalam mulutnya. Selain itu, masukkan barang-barang yang mungkin berbahaya bagi bayi Bunda ke tempat yang jauh dari jangkauannya.

Beberapa dari orang tua mungkin berpikir menggunakan baby walker untuk membantu stimulasi bayi 8 bulan yang sedang belajar berjalan. Akan tetapi, alat tersebut justru membuat si Kecil tidak lagi ingin bergerak. Sebaliknya, alat tersebut justru bisa ia manfaatkan untuk meraih benda yang berada di tempat tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda melatihkan secara manual supaya otot kakinya bisa terbangun secara alami.

Nah, apakah buah hati Bunda sudah mengalami perkembangan bayi 8 bulan di atas?