Tumbuh Kembang Bayi 9 Bulan yang Mengagumkan

Memasuki usia yang hampir menjelang 1 tahun ini, bayi Bunda mungkin akan terlihat lebih mandiri dibandingkan usia sebelumnya. Ia akan lebih suka beraktifitas di lantai untuk duduk, merangkak, berguling, dan bermain dengan mainannya sehingga ia mungkin tidak suka digendong.

perkembangan bayi 9 bulan

Selain itu, porsi makannya pun mulai akan meningkat untuk menunjang aktifitasnya yang semakin aktif tersebut. Nah, secara lebih rinci, berikut adalah perkembangan bayi 9 bulan yang sayang untuk Bunda lewatkan.

Perkembangan Kemampuan Motorik

Tidak hanya aktif merangkak, perkembangan bayi 9 bulan pada umumnya ditandai dengan kemampuan untuk berdiri sendiri dengan berpegangan pada tembok atau objek tinggi lainnya. Walaupun mungkin belum bisa melangkah dengan seimbang, tetapi ia bisa belajar menjelajahi ruangan dengan cara begitu. Bahkan, ia mungkin sudah bisa merangkak naik turun tangga dengan mudah.

Oleh karena itu, ia membutuhkan ruangan yang lapang dan aman karena kemungkinan bergerak dan terjatuh lebih sering.

Untuk membantunya lebih aktif lagi, Bunda bisa bermain menggelindingkan bola bersamanya. Lakukan berulang-ulang, sehingga ia akan belakang untuk mengembalikan bola kepada Bunda. Selain itu, bayi Bunda juga akan suka mengeluarkan, memasukkan, dan memindahkan mainannya dari dalam kotak ke kotak lain. Ia akan mulai menunjuk benda yang telunjuk dan mempelajari cara kerja suatu benda seperti membuka keran air, menyalakan kotak musik, atau memegang handphone.

Perkembangan Kemampuan Berbicara

Pada usia ini, bayi Bunda sudah memahami perkataan Bunda dan memberikan respon balik. Sebagai contoh, ketika Bunda bertanya, “Suara apa itu?”, maka ia akan merespon dengan menunjuk benda yang dimaksud sambil mengeluarkan suara walaupun belum jelas.

bayi 9 bulan

Sementara itu, ia juga memahami ketika Bunda memberinya larangan, seperti jangan membanting mainan. Walaupun ia tetap akan melanggarnya, namun Bunda perlu untuk terus mengulangi peraturan atau larangan agar ia bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

Perkembangan bayi 9 bulan ini juga akan ditandai dengan mulai berceloteh dengan lebih jelas seperti “mama-mama” atau “baba-baba”, bahkan mengucapkan satu kata dengan utuh dan benar. Ia mungkin juga bisa mulai menirukan lagu-lagu di bagian akhir lirik ketika mendengarnya dan menirukan gerakan tariannya.

Perkembangan Kemampuan Sosial Interaksi

Perkembangan psikologi bayi usia 9 bulan anak justru sering ditandai dengan rasa cemasnya ketika tidak bersama orang tua atau orang terdekatnya, terlebih ketika bertemu orang asing. Sehingga, Bunda mungkin akan sedikit repot ketika bepergian bersama bayi Bunda dan bertemu banyak orang di tempat yang baru.

Oleh karena itu, Bunda mungkin bisa membawa mainan atau makanan kecil favoritnya untuk mengalihkan perhatian dan membuatnya merasa lebih nyaman.

bayi usia 9 bulan

Meskipun begitu, ada beberapa bayi di usia yang sama justru sangat senang membuat orang tertawa dan menjadi pusat perhatian. Ia juga suka membagikan barang atau makanan miliknya kepada orang lain. Ketika Bunda menerima dan mengucapkan terima kasih atas pemberiannya, ia akan merasa sangat senang.

Ditambah lagi, bayi 9 bulan juga sudah memiliki ingatan yang lebih kuat.Ia dapat mengingat hal-hal spesifik seperti letak mainannya disimpan atau bagaimana cara mengoperasikan suatu objek. Ia bahkan mampu mengingat hal-hal yang sudah terjadi atau diajarkan seminggu lalu. Ia juga mulai mengembangkan rasa kepemilikan, contohnya ia akan bereaksi seperti menangis atau marah ketika barang yang menjadi miliknya diambil.

Nah, jangan sampai Bunda melewatkan momen-momen berharga perkembangan bayi 9 bulan tersebut yang hanya akan terjadi sekali seumur hidupnya.