Apakah Boleh Pijat Bayi Dilakukan Sendiri?

Memiliki seorang bayi mungil merupakan sebuah anugerah terindah dari Tuhan. Oleh karena itu, Bunda  wajib menjaga dan merawatnya hingga si mungil tumbuh dewasa. Sebagai seorang Ibu yang baru pertama kali melahirkan buah hati ke dunia, tentu Bunda belum memiliki pengalaman yang banyak dalam hal merawat bayi.

Pijat Bayi

Oleh sebab itu, Bunda harus banyak belajar untuk menambah wawasan dan pengalaman merawat bayi. Misalnya dengan bertanya pada orang tua, teman, maupun anggota keluarga lainnya. Selain itu, Bunda juga bisa belajar melalui internet seperti yang sedang Bunda lakukan saat ini.

Seorang bayi merupakan makhluk yang masih sangat lemah sehingga sangat membutuhkan lindungan dan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Sebagai orang tua yang baik, Bunda harus memberikan perawatan yang maksimal agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat dan kuat.

Salah satu perawatan pada bayi adalah dengan melakukan pemijatan. Pijat bayi memang sudah dikenal sejak puluhan tahun lamanya. Cara ini sudah dilakukan oleh orang tua pada zaman dahulu. Oleh karena itu, aktivitas tradisional ini bisa Bunda terapkan pada buah hati Bunda saat ini.

Memijat bayi harus dilakukan dengan tepat dan tidak boleh asal-asalan. Pemijatan bayi haruslah dilakukan dengan penuh kasih sayang. Agar bayi merasa nyaman saat dipijat, Bunda bisa mengalihkan perhatian si kecil dengan mengajaknya bicara atau bernyanyi bersama.

Pijat Bayi

Dengan begitu, maka si kecil bisa lebih menikmati kebersamaan kalian berdua. Selain bisa mendekatkan ikatan antara seorang ibu dan anak, pijatan demi pijatan yang Bunda berikan juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk si kecil.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pijat bayi:

1. Membantu bayi agar tidur lebih pulas dan nyaman
2. Membantu meningkatkan peredaran darah dalam tubuh
3. Membantu melancarkan metabolisme dan sistem pencernaan
4. Membantu mengurangi rasa sakit saat gigi si kecil mulai tumbuh
5. Membantu dan mendukung agar fisik dan mental si kecil berkembang dengan baik
6. Mencegah terjadinya penyakit kuning
7. Membuat bayi lebih bahagia, tidak rewel, dan jarang menangis
8. Membantu bayi lebih rileks selama bermain

Pijat Bayi

Itulah beberapa manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan pemijatan pada tubuh si kecil. Begitu banyak manfaat yang diperoleh bukan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Bunda mulai memijat tubuh si kecil dari sekarang.

Bunda bisa melakukan pemijatan pada beberapa bagian tubuh bayi seperti pada lengan, dada, punggung, kaki, perut, dan kepala. Agar bisa memijat bayi dengan baik dan benar, Bunda bisa mengikuti kelas khusus memijat bayi.

Dengan mengikuti kelas tersebut, tentu Bunda bisa mengetahui cara memijat bayi baru lahir dengan baik dan benar. Waktu terbaik untuk melakukan pijatan pada bayi adalah saat si kecil sedang terjaga dan tenang. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menghindari pemijatan disaat bayi sedang lapar, mengantuk, atau sedang menangis.

Akan lebih baik jika Bunda melakukan pemijatan pada malam hari sebelum si kecil tidur. Pemijatan pada waktu tersebut akan membantu si kecil tidur terlelap di malam hari. Agar si kecil menikmati setiap pijatan yang Bunda berikan, sebaiknya perhatikan isyarat yang dia berikan.

Jika si kecil mulai menangis, hal tersebut menunjukkan bahwa dia tidak suka dengan pijatan yang Bunda berikan. Jika hal itu terjadi, segera hentikan pijatan pada si kecil!