Cara Efektif Menaikkan Berat Badan Bayi

Dengan memiliki buah hati merupakan anugerah terindah dari sang Pencipta yang di berikan kepada semua pasangan suami istri di dunia ini. Setelah resmi menikah, salah satu harapan bagi semua pasangan adalah memiliki buah hati yang lucu dan menggemaskan.

Berat Badan Bayi

Sebagai orang tua, Bunda tentu ingin melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu indikator yang menunjukkan apakah tumbuh dan berkembang bayi dengan baik adalah berat badan. Oleh karena itu, semua orang tua harus memantau berat badan bayi setiap bulan.

Jika bayi Bunda telah memiliki berat badan ideal bayi yang sesuai dengan umurnya, maka dapat dipastikan bahwa bayi Bunda telah memiliki gizi yang cukup. Lalu, bagaimana jika berat badan si kecil sangat rendah dan tidak sesuai dengan umurnya? Hal tersebut tentu membuat semua orang tua khawatir. Jika bayi Bunda juga mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukankah berbagai usaha untuk menaikkan berat badan si kecil.

Salah satu usaha untuk menaikkan berat badan bayi adalah dengan memberikan makanan sehat bayi sebagai penambah berat badan. Lalu, apa jenis makanan tambahan yang bisa membantu menaikan berat badan si kecil?

Aneka makanan bergizi untuk mendukung dan menaikan berat badan bayi

1. ASI (Air Susu Ibu)
Sebagai seorang Ibu, Bunda wajib memberikan ASI eksklusif kepada buah hati selama 6 bulan. Program ASI eksklusif merupakan program pemerintah yang ditunjukkan kepada seluruh Ibu di Indonesia. Semua Ibu disarankan tidak memberikan makanan tambahan hingga usia bayi di atas 6 bulan.

asi eksklusif

Hal ini disebabkan karena ASI telah mengandung aneka gizi dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati yang masih di bawah 6 bulan.

2. Susu Formula
Susu formula merupakan makanan penambah berat badan bayi 6 bulan ke atas. Hal ini disebabkan karena bayi Bunda sudah mulai membutuhkan makanan tambahan yang memiliki banyak gizi dan nutrisi. Susu formula mengandung banyak kalsium yang mampu mendukung pertumbuhan otot dan tulang si kecil. Pilihlah salah satu produk susu formula yang sesuai dengan usia bayi Bunda.

3. Buah-Buahan
Buah yang cocok dikonsumsi oleh bayi adalah pisang dan alpukat. Pisang merupakan buah yang mengandung banyak serat, vitamin C, kalium, vitamin B6, dan banyak mengandung kalori. Buah alpukat juga sangat baik untuk bayi karena memiliki tekstur daging buah yang lembut.

makanan sehat bayi

Alpukat mengandung banyak kalori dan antioksidan. Dengan banyaknya kandungan antioksidan, maka alpukat sekaligus dapat menjaga tubuh bayi agar terhindar dari aneka penyakit.

4. Daging
Daging ayam merupakan jenis makanan penambah berat badan yang cocok untuk bayi di atas 8 bulan. Daging ayam sangat efektif untuk menambah berat badan si kecil karena mengandung banyak vitamin B6, B12, protein, kolesterol sehat, magnesium, dan niasin.

5. Kacang
Kacang sangat efektif untuk mendorong berat badan si kecil karena mengandung banyak kalori. Kacang sendiri dibagi menjadi beberapa macam .Contoh kacang yang baik untuk bayi adalah kacang tanah dan kacang hijau. Agar mudah ditelan dan dicerna oleh bayi, sebaiknya kacang diolah menjadi makanan yang halus.

Nah, itulah 5 jenis makanan penambah berat badan bayi. Selain 5 jenis makanan tersebut, masih ada banyak contoh makanan penambah berat badan lainnya. Beberapa diantaranya adalah keju, telur, minyak olive, minyak wijen, dan ubi manis. Bunda bisa mengombinasikan makanan tambahan tersebut setiap hari agar bayi semakin banyak mendapatkan nutrisi.