Tahap Perkembangan Bayi 2 Bulan

Memiliki buah hati baru memang menjadi salah satu momen bahagia. Apalagi jika sang buah hati merupakan anak pertama yang telah dinanti-nanti. Saat memiliki buah hati, tentunya Bunda sebagai orang tua sangat penting untuk memperhatikan tumbuh dan kembang bayi.

perkembangan bayi 2 bulan

Pada bulan pertama, bayi biasanya memang belum memiliki perkembangan yang menonjol. Namun, di bulan kedua, bayi biasanya telah memberikan beberapa perkembangan. Ini dia beberapa hal yang sering terjadi di saat perkembangan bayi 2 bulan.

Perhatikan Hal-hal Berikut Saat Memasuki Perkembangan Bayi 2 Bulan

1. Mampu Menopang Kepalanya Sendiri

Di usia 2 bulan, bayi biasanya telah mampu untuk menopang sendiri kepalanya, meskipun terkadang masih belum terlalu kuat. Saat bayi diletakkan pada posisi tengkurap atau tegak, bayi usia 2 bulan pada umumnya sudah bisa mengangkat kepalanya hingga 45 derajat.

2. Mulai Menghisap Jari

perkembangan bayi 2 bulan

Hal lain yang biasanya bayi lakukan saat berusia 2 bulan adalah kemampuannya menghisap jari. Di usia ini, bayi biasanya sudah refleks untuk mengisap jari mereka. Hal ini menjadi salah satu cara ia menghibur dirinya sendiri.

3. Pola Tidur Masih Sama

Jika Bunda bertanya apakah pola tidur bayi 2 bulan sudah memiliki perkembangan? Jawabannya adalah belum. Di usia 2 bulan, bayi umumnya masih memiliki pola tidur yang sama yaitu sekitar 14 – 16 jam setiap harinya. Jika Bunda merupakan seorang ibu yang member ASI eksklusif, bayi biasanya akan terbangun untuk meminta ASI sekitar 2 hingga 3 jam.

Di karenakan di usia ini pola tidur bayi masih belum berkembang pesat, ada baiknya bayi ditidurkan dalam posisi telentang. Hal ini guna menghindari risiko SIDS, atau sindrom meninggalnya bayi secara mendadak.

4. Kemampuan Indera Meningkat

Perkembangan bayi 2 bulan lainnya terjadi pada meningkatnya kemampuan alat indera bayi. Di awal usia ini, biasanya bayi telah mampu melihat benda-benda dari jarak dekat yaitu 18 inci. Bahkan. Bayi telah bisa melihat wajah Bunda cukup jelas ketika menyusui. Sedangkan, di usia akhir 2 bulan, bayi biasanya telah bisa melihat objek yang lebih jauh.

perkembangan bayi 2 bulan

Mereka akan tertarik dengan beberapa gambar pemandangan, binatang, atau bahkan anak-anak dan bayi lainnya. Di usia ini, Bunda bisa merangsang perkembangan bayi 2 bulan dengan memberikan mainan seperti mainan gantung atau objek yang berwarna-warni lainnya.

Selain indera penglihatan, pendengaran bayi di usia 2 bulan juga dapat dibilang sudah mulai meningkat. Pada usia 2 bulan, buah hati Bunda umumnya sudah mulai tertarik untuk mendengarkan berbagai suara. Ia sedikit mulai mengerti dan tertarik untuk mendengarkan suara ibunya.

5. Berat dan Tinggi Badan Meningkat

Saat memiliki bayi, berat serta tinggi badan buah hati menjadi dua hal yang sering sekali dikontrol oleh sang ibu. Berat dan tinggi badan perkembangan bayi 2 bulan umumnya belum terlalu signifikan. Untuk berat normal bayi lak-laki biasanya berkisar di angka 4.3 kg hingga 6.3 kg. Sedangkan, untuk bayi perempuan 3.9 kg hingga 6.3 kg.

Jika kurang atau lebih dari itu, Bunda bisa mengkonsultasikannya ke dokter buah hati Bunda . Ini sangatlah penting guna menghindari keadaan kurang gizi ataupun obesitas terhadap bayi. Untuk tinggi badan ideal, ukuran tinggi bayi laki-laki biasanya sekitar 54.4 cm – 60.4 cm, dan untuk bayi perempuan sekitar 53 cm – 61.1 cm.

Itulah beberapa hal yang harus Bunda perhatikan ketika bayi mulai memasuki usia 2 bulan. Di usia ini, bayi memang belum sepenuhnya memiliki perkembangan yang pesat. Di usia ini, sebaiknya berikanlah ASI secara eksklusif untuk bayi agar kesehatan bayi tetap terjaga.