5 Hal Penting yang Harus Di Perhatikan Dari Perkembangan Bayi 4 Bulan

Tumbuh kembang bayi memang menjadi hal penting yang menjadi perhatian setiap orang tua. Apalagi di saat bayi sudah mulai memasuki usia 4 bulan. Perkembangan bayi 4 bulan umumnya telah mengalami peningkatan yang sangat baik.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Saat usia ini, bayi menjadi sangat menggemaskan karena tingkah lakunya. Jika bayi Bunda memasuki usia 4 bulan, simak beberapa tumbuh kembang yang bayi alami.

Ini Dia Yang Dialami saat perkembangan bayi 4 bulan

1. Sudah Mulai Merespon dan Berkomunikasi

Di perkembangan bayi 4 bulan, buah hati Bunda biasanya telah mengalami perkembangan motorik yang signifikan. Pada tahap ini, bayi umumnya sudah mulai mencoba untuk menggapai benda-benda disekitarnya.

Selain itu, bayi juga semakin tertarik dengan berbagai benda yang berwarna-warni. Itulah mengapa, di usia ini memberikan bayi mainan gantung, boneka, atau mainan lainnya menjadi hal yang dapat merangsang kemampuan motoriknya.

Tidak hanya mulai merespon, bayi usia 4 bulan ternyata juga sudah mulai senang untuk berkomunikasi. Bayi 4 bulan umumnya telah bisa tertawa, tersenyum, atau bahkan cemberut terhadap hal-hal tertentu. Ini tentunya akan menjadi momen terindah dan terlucu bagi setiap orang tua.

Selain itu, tangisan bayi 4 bulan biasanya telah berbeda-beda, baik itu tangisan lapar, sedih, atau yang lainnya. Bahkan, bayi terkadang sudah mulai mengeluarkan beberapa suara seperti “oh”, “ya ya”, ataupun “ah”.

2. Indera Penglihatan Semakin Tajam

Perkembangan bayi 4 bulan juga sudah mulai dapat terlihat melalui penghilatannya yang semakin meningkat. Pada fase ini, bayi sudah mulai dapat membedakan beberapa warna, seperti warna-warna cerah dan gelap.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Namun, umumnya bayi akan lebih suka dan tertarik terhadap warna-warna cerah. Tidak hanya itu, bayi 4 bulan juga sudah mulai bisa untuk mengikuti gerakan. Misalnya jika Anda menggerakan tangan ke kanan dan ke kiri, mata bayi akan otomatis mengikuti gerakan tangan Bunda.

3. Otot Semakin Kuat

Perkembangan lainnya di usia 4 bulan terjadi pada otot bayi. Umumnya, pada usia ini otot bayi sudah semakin kuat sehingga bayi sudah bisa menopang kepalanya sendiri tanpa terjatuh. Bayi juga sudah akan semakin sering melakukan gerakan menendang. Selain itu, bayi 4 bulan juga sudah mulai melakukan gerakan berguling.

Namun, saat bayi hendak berguling, sebaiknya tetap awasi bayi dan jangan memaksanya berguling. Perhatikan dan biarkan buah hati Bunda melakukannya sendiri.

4. Konsumsi Makanan Selain ASI

Usia 4 bulan menjadi usia dimana bayi sudah mulai boleh mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Menu makanan bayi 4 bulan biasanya masih bertekstur encer seperti bubur susu, atau buah-buahan seperti pisang, pepaya, atau alpukat yang diencerkan.

Menu makanan bayi 4 bulan

Saat memberikan makanan, perhatikan bagaimana reaksi bayi apakah si buah hati suka atau tidak. Jika belum mau, tunggulah minggu berikutnya untuk memberinya makan kembali. Jika bayi suda mau makan, buatlah jadwal makan bayi dengan makanan yang bergizi.

5. Berat badan meningkat

Untuk berat badan bayi 4 bulan umumnya akan meningkat 2 kali dari berat awal bayi saat lahir. Jadi, jika saat lahir bayi Bunda berbobot 3 kg, maka di usia 4 bulan bayi bisa memiliki berat 6kg. Jadi, jika bayi Bunda telah memiliki berat 2 kali lipatnya dari berat awal, maka bayi dapat dikatakan sehat.

Namun, jika bayi masih memiliki berat yang jauh dibawah bobot normal, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter. Ini bisa jadi buah hati mengalami kurangnya asupan gizi.