Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 5 Bulan

Melihat tumbuh kembang buah hati memang menjadi hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan perkembangan apa saja yang harusnya terjadi di usianya. Pada usia 5 bulan, bayi biasanya telah mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan.

perkembangan bayi 5 bulan

Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan agar kita tidak salah langkah dalam menangani tumbuh dan kembangnya buah hati. Untuk itu, simaklah beberapa perkembangan bayi 5 bulan yang sering terjadi.

Pahami Hal Penting Saat Perkembangan Bayi 5 Bulan

1. Kemapuan Motorik

Perkembangan bayi 5 bulan yang signifikan dapat dilihat dari kemampuan motoriknya. Saat memasuki usia ini, beberapa bayi umumnya sudah bisa mulai berguling sendiri. Bayi telah bisa berguling dari posisi awal terlentang ke posisi tengkurap. Selain itu, ia juga telah mampu untuk menggerakan kakinya.

Perilaku bayi 5 bulan lainnya yang sering terjadi adalah bayi sudah mulai bisa menggapai benda yang terletak di sekitarnya. Ia pun mulai bisa memindahkan benda tersebut dari tangan satu ke yang lainnya.

perkembangan bayi 5 bulan

Bahkan, beberapa bayi pun sudah mampu untuk memegang botol susunya sendiri. Untuk menangani hal ini, hindari menaruh bayi di posisi ranjang yang tinggi sendirian guna menghindari bayi terjatuh saat berguling. Selain itu, jangan letakkan benda-benda berbahaya atau tajam di sekitar bayi.

2. Perubahan Pola Tidur

Selain motorik, perkembangan bayi 5 bulan juga terlihat dari pola tidurnya. Beberapa bayi di usia ini umumnya sudah mulai tidur pulas semalaman. Jadi, Bunda juga sudah mulai memiliki waktu istirahat di malam hari yang lebih panjang. Sedangkan di waktu siang, bayi biasanya akan tidur paling tidak 2 kali yaitu siang dan sore.

Jika bayi mengantuk, usahakanlah untuk segera menidurkan bayi. Bunda juga bisa menaruh bayi di tempat tidur saat ia mengantuk. Lama kelamaan bayi akan mulai belajar untuk tidur sendiri tanpa diayun atau dinyanyikan.

3. Kemampuan Berkomunikasi

Hal yang menarik di usia 5 bulan adalah kemampuan bayi yang sudah mampu untuk berkomunikasi. Bayi di usia ini pada dasarnya telah bisa menangkap suara atau bunyi di sekelilingnya. Dia akan refleks menoleh kearah suara yang didengar. Selain itu, saat Bunda mengajaknya bicara, bayi akan mulai mengamati dan tertarik terhadap suara Anda.

perkembangan bayi 5 bulan

Ia pun juga sudah mulai bisa mengoceh sendiri seperti mengeluarkan suara “pa”, “ma”, “ya”, “oh”, “ah”, dan lainnya. Untuk merangsang perkembangan bayi di usia ini, Bunda bisa memberikannya pelukan, ciuman, ataupun tepuk tangan sebagai pujian. Selain itu, berikanlah buah hati mainan dengan warna cerah untuk meningkatkan kemampuan visualnya.

4. Konsumsi Makanan Padat

Ketika memasuki usia 5 bulan, bayi pada dasarnya sudah bisa mengkonsumsi makanan selain ASI, atau yang sering disebut juga MPASI, makanan pendamping ASI. Biasanya makanan bayi 5 bulan masih berupa buah-buahan yang diencerkan atau berupa bubur susu.

Namun, saat memberikan MPASI, sebaiknya tanyakan dahulu kepada dokter bayi Bunda apa saja makanan yang baik untuk dikonsumi. Hal ini guna menghindari bayi terkena alergi makanan karena sistem pencernaannya yang masih belum sempurna.

Jika bayi sudah mau makan, buatlah jadwal makan bayi dengan variasi makanan yang bergizi. Beberapa bayi usia 5 bulan bahkan ada yang sudah bisa duduk. Sangat baik sekali jika Bunda mengikutsertakan bayi di meja makan menggunakan kursi bayi. Buah hati tentunya akan sangat menikmati dan memperhatikan keadaan sekelilingnya.

5. Berat badan bayi 5 bulan

Untuk berat badan, bayi usia 5 bulan biasanya memiliki berat normal 6.1 – 9.1 kg untuk bayi laki-laki. Sedangkan, bayi perempuan biasanya akan memiliki bobot sekitar 5.5-8.5 kg. Jika buah hati Bunda memiliki bobot normal, bayi dapat dikatakan sehat.

Namun, jika beratnya masih jauh dari batas bawah, segeralah tanyakan ke dokter. Bisa jadi bayi Bunda mengalami kekurangan gizi.