Jangan Lewatkan Perkembangan Bayi 11 Bulan

Setiap orang tua terutama orang tua baru pasti akan selalu senang dengan setiap perkembangan yang sedang dirasakan oleh anaknya. Ketika anaknya sudah mulai bisa duduk, mulai bisa membalik badan, dan tentunya sampai bisa berjalan dan berbicara. Perkembangan bayi 11 bulan akan mulai membaur bersama teman-temannya. Maksudnya ketika ada bayi lain yang usianya hampir sama dengan bayi Bunda maka bayi akan berusaha seperti akan berkomunikasi dengan temannya.

Perkembangan bayi 11 bulan

Seperti seakan-akan mengajak bermain, Bunda sebagai orang tua akan merasa senang karena anak Bunda sudah mulai menunjukan perkembangan bayi yang sangat baik. Selain itu, pada perkembangan ini bayi juga sudah mulai dapat duduk sendiri karena tulang-tulang punggungnya sudah mulai kuat untuk dapat menahan dirinya sendiri.

Ketika bayi sudah mulai dapat duduk sendiri, maka Bunda dapat membacakan cerita kepadanya karena pada usia ini juga bayi juga sudah mulai memperlihatkan respon ketertarikan kepada gambar. Bunda bisa mulai membacakan cerita bergambar sambil mengajarinya. Misalnya saja gambar hewan dan suara hewannya, atau gambar apapun yang dapat menarik perhatiannya.

Bayi juga akan menunjuk-nunjuk gambar sesuai dengan apa yang pernah ia lihat dalam kehidupan sehari-harinya. Begitu juga dengan rasa penasarannya, ia dapat cepat menanyakan gambar apa yang ada dalam buku dan sebagainya. Perkembangan bayi 11 bulan ini sungguh sangat sedang mulai banyak perkembangan sehingga Anda sebagai orang tua lebih baik jangan pernah melewatkan masa pertumbuhan bayi Bunda.

Gizi Untuk Perkembangan Bayi 11 Bulan

Dikarenakan pertumbuhan sedang berlangsung dengan cepat, maka Bunda juga tidak boleh melupakan kesehatan bayi Bunda. Makanan bayi 11 bulan masih dapat Bunda berikan seperti sebelum-sebelumnya. Pada usia ini juga bayi sudah mulai tumbuh gigi, sehingga lebih baik Bunda sangat memperhatikan asupan makanannya.

Makanan bayi 11 bulan

Bunda dapat memberikan makanan seperti wortel atau ikan dan sayur yang direbus dan dibuat sangat lembut sehingga bayi bisa memakannya tanpa kesulitan. Begitupun dengan ASI nya. Karena bayi sedang dalam masa pertumbuhan dan masih dalam usia yang belum genap 1 tahun, maka Bunda tidak boleh lupa dalam memberikan ASI meskipun mulai saat usia bayi 8 bulan bayi sudah mulai diberikan makanan lain selain ASI.

Pada usia ini pun bayi tidak hanya berkembang pada fisiknya saja tetapi pada motorik dan kognitifnya. Perkembangan bayi 11 bulan pada motorik halusnya yaitu bayi senang memukul-mukulkan mainan yang ada pada kedua tangannya, atau senang memasukan mainan kedalam wadahnya. Sedangkan untuk motorik kasar bayi usia ini yaitu selain sudah dapat duduk, bayi juga sudah dapat berdiri perlahan, dan bahkan sudah bisa dalam posisi bungkuk ketika sedang berdiri.

Untuk kognitif bayi usia ini, ketika bayi mendengar suara maka ia akan berusaha mencari sumber suara tersebut dengan menggerakan kepalanya atau dengan badannya. Kemudian, ia juga dapat menirukan apa yang dilakukan oleh orang di depannya.

Ada juga berat badan bayi pada usia ini cukup baik karena ketika Bunda selalu rajin melakukan penimbangan rutin dengan imunisasi maka bayi Bunda akan terkontrol berat badannya. Kemandirian bayi usia ini juga dapat Bunda coba dengan mengajarinya memegang sendok, karena pada saat usia ini bayi sudah bisa memasukan sesuatu kedalam mulutnya.

Bukankah perkembangan bayi 11 bulan ini begitu banyak? Jika Bunda seorang pekerja, lebih baik Bunda tidak tertinggal masa-masa pertumbuhan bayi terutama pada usia-usia ini, karena bayi akan lebih mengenal orang yang bersamanya dan mempelajari hal-hal baru. Oleh karena itu jangan sampai melewatkannya. Bunda lebih baik bekerja separuh waktu dan tidak mengambil lembur.