Perkembangan Bayi 1 Tahun Sangat Penting

Pada usia 1 tahun bayi biasanya mulai menunjukan perkembangan yang lebih meningkat lagi. pada usia 12-24 bulan bayi akan lebih aktif lagi seperti berbicara, berjalan, dan mengingat. Perkembangan bayi 1 tahun hampir sama ketika ia berusia 11 bulan. Bayi biasanya akan mulai mengingat apa yang telah terjadi dan menjadi perhatiannya, kemudian bayi akan menirukannya.

usia 1 tahun bayi

Hal ini juga terjadi ketika bayi sudah mulai diajak berbicara, bayi yang sudah bisa berbicara walaupun tidak begitu jelas akan mencoba berkomunikasi kepada siapa saja yang berada di dekatnya. Baik itu untuk menunjukan mainan apa yang sedang dipegangnya, menunjuk menginginkan sesuatu, ataupun menolak sesuatu.

Bayi juga sudah bisa mulai berjalan sedikit meskipun langkahnya belum banyak. Pada usia ini bayi akan lebih sering berdiri, dan mampu berdiri lebih lama, ketika akan mulai berjalan bayi hanya dapat memperlihatkan beberapa langkah saja.

Selain itu perkembangan bayi 1 tahun ada pada kognitif dan motoriknya. Perkembangan kognitif bayi, bayi sudah mulai dapat berpikir, mengingat, meniru, dan belajar. Dalam hal bermain pun, bayi pada umur ini dapat bermain pura-pura. Sama halnya ketika bayi umur 11 bulan, bayi umur 1 tahun masih harus dikenali dengan beberapa gambar dan cerita, karena bayi sudah mulai bisa mengingat dan meniru lebih baik sehingga dia akan cepat belajar.

Sedangkan perkembangan motoriknya seperti yang tadi sudah di jelaskan bayi susah bisa mulai berjalan perlahan, nanti setelahnya dia akan mulai belajar memanjat, dan melompat. Biasanya bayi akan memanjat dimulai dengan mencoba turun dan naik kursi sofa.

Perhatikan Perkembangan Bayi 1 Tahun

Masih banyak perkembangan lainnya yang dapat Bunda lihat pada usia anak 1 tahun, diantaranya adalah emosi. Pada umumnya memang anak akan menangis apabila ditinggal oleh orang yang sangat dikenalnya dan jarang mau bila dibujuk oleh orang lain.

Hal ini pun terjadi pada anak usia 1 tahun dimana dia akan menangis apabila ditinggal oleh ayah atau ibunya, kemudian apabila sedang berada di luar rumah dan di keramaian biasanya akan merasa malu ketika bertemu dengan orang yang baru dikenalnya.

Perkembangan Bayi 1 Tahun

Selain dengan ibu dan ayahnya bayi pada usia ini juga mempunyai kedekatan tertentu pada seseorang misalnya kakak atau nenek kakeknya. Untuk Permainan anak usia 1 tahun, biasanya akan menunjukan mainan yang menurutnya menarik dan biasanya tidak akan lepas dari mainan tersebut.

Selain itu, ketika dia menyukai apa yang sedang dilakukannya untuk menarik perhatian orang agar tertawa dan sebagainya maka dia akan melakukan suatu hal dan terus menerus. Misalnya joged sambil menyanyi dan melompat akan dilakukannya terus sampai dia merasa lelah dan bosan sendiri.

Karena hal-hal diatas merupakan ciri umum yang terjadi ketika bayi Bunda sudah berusia 1 tahun. Oleh sebab itu Bunda sebagai orang tua harus menjaga gizi anak agar tetap terus tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya. Bunda juga harus terus belajar mengetahui bagaimana dan apa yang harus dilakukan terhadap perkembangan bayi 1 tahun karena ketika ada perkembangan yang tidak sesuai agar Bunda segera konsultasikan ke dokter.

Misalnya saja, pada umumnya anak usia ini sudah dapat berdiri dari sebelum masuk umur 1 tahun, tetapi anak Bunda sampai saat ini belum menunjukan tertariknya untuk mencoba berdiri. Oleh karena itu Bunda harus segera mengeceknya ke dokter, dikhawatirkan terjadi sesuatu yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Meskipun memang setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda, tetapi setidaknya perkembangan tersebut hampir mendekati dan mempunyai kesamaan, sehingga ketika jauh dari apa yang seharusnya sudah berkembang maka Bunda harus segera berkonsultasi kepada dokter Bunda.