Resep Sehat Makanan Untuk Anak 1 Tahun

Seperti yang Bunda ketahui bahwa anak usia 1 tahun sudah memperlihatkan banyak perkembangan seperti perkembangan motorik, kognitif, emosi, dan perkembangan fisiknya. Perkembangan motorik anak seperti anak sudah dapat berjalan meskipun belum lancar dan hanya beberapa langkah saja. Kemudian anak juga sudah mulai tertarik dengan memanjat yang dimulai dari naik turun kursi.

anak usia 1 tahun

Kemudian untuk perkembangan kognitifnya anak sudah dapat berbicara meski belum banyak dimengerti, sudah mulai meniru dan belajar dengan memahami gambar-gambar pada buku cerita dan sebagainya. Sedangkan perkembangan emosinya sama halnya seperti anak-anak pada umumnya yang akan menangis apabila kemauannya tidak dituruti dan juga apabila ditinggal oleh ayah atau ibunya.

Perkembangan anak tersebut sangat dipengaruhi oleh gizi anak sendiri, sehingga Bunda sebagai orang tua jangan sampai salah dalam memilihkan makanan untuk anak 1 tahun agar anak Bunda tidak terganggu dalam perkembangannya.

Menu makanan anak 1 tahun

Ada banyak sekali makanan yang dapat Bunda berikan untuk anak Bunda yang sudah berusia 1 tahun. selain dengan memilih-milih makanan apa yang sangat baik untuk anak dengan umur sekian, Bunda juga harus mengetahui jadwal makan anak 1 tahun.

Sehingga baik dalam bahan makanan dan waktu pemberiannya Bunda tidak akan keliru dan sudah dipastikan Bunda memberi makanan yang terbaik bagi anak Bunda . Berikut adalah salah satu resep yang dapat Bunda gunakan untuk memenuhi makan anak Bunda, Bunda dapat membuat makanan Kentang Tuna Saus Bayam untuk anak usia 1 tahun.

Makanan Untuk Anak 1 Tahun

Bahan yang diperlukan:
• Daging ikan tuna halus baik yang dikukus ataupun yang di panggang
• Kentang kukus yang sudah di haluskan

Bahan Saus bayam:
• Mentega tawar
• Susu cair
• Tepung maizena
• Daun bayam yang sudah dikukus dan iris halus
• Bawang bombay yang dicincang halus

Cara membuat:
• Untuk membuat saus bayam panaskan mentega, dan tumis bawang bombay hingga harum, kemudian tambahkan tepung maizena sambil diaduk.
• Tambahkan susu dan aduk terus sampai mengental, kemudian angkat dan tambahkan daun bayam lalu aduk sampai tercampur dengan baik.
• Kemudian siapkan wadah untuk daging tuna dan kentang halus tadi.
• Tuangkan saus bayam kedalam wadah yang telah berisi daging tuna dan kentang.
• Makanan kentang tuna saus bayam ini siap disajikan untuk anak Bunda.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat makanan untuk anak 1 tahun? Makanan ini mempunyai banyak kandungan yang sehat untuk anak seperti karbohidrat, protein dan juga ikan yang mengandung omega-3 yang dapat membantu perkembangan otak anak.

makanan untuk anak 1 tahun

Terkadang memang Bunda sebagai orang tua pasti khawatir akan makanan yang anak Bunda makan ketika berada di luar rumah, oleh sebab itu sebaiknya Bunda memasak sendiri makanan apa yang akan Bunda berikan kepada anak Bunda. Meskipun pada usia ini anak sedang senang untuk makan segala sesuatunya sehingga Bunda harus benar-benar memilihkan makanan mana yang terbaik yang dapat Bunda berikan kepada anak Bunda.

Jika Bunda salah saja memberi makan, memang tidak akan langsung berdampak saat itu juga, tetapi dapat berdampak beberapa tahu ke depan sehingga dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak. Untuk makan sendiri anak usia 1 tahun lebih baik diberikan makan 3-4 kali sehari dan jangan lupa untuk memberikan sayuran 3-4 kali dalam sehari agar nutrisi dan gizi yang Bunda berikan seimbang.