Cara Membuat Anak Cerdas Lakukanlah Sejak Dini

Sebagai orang tua tentu saja menginginkan anaknya mempunyai kemampuan, misalnya saja cerdas dalam sebuah pelajaran di sekolahnya. Oleh karena itu orang tua harus sudah memikirkannya sejak anak masih kecil, karena terdapat banyak hal yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak. Oleh karena itu para orang tua harus segera mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk yang dapat dilakukan terhadap anaknya.

Cara Membuat Anak Cerdas

Jangan sampai karena Bunda menginginkan anak Bunda cerdas dalam segala hal maka Bunda terlalu mendidiknya dengan keras, hal itu juga tidak baik bagi pertumbuhan anak nantinya, karena psikis dan mental anak akan terganggu sehingga bukan menjadikan anak cerdas pendidikan keras malah akan membuat anak menjadi keluar batas. Adanya hal seperti ini mendorong untuk setiap orang tua sudah mengetahui bagaimana cara membuat anak cerdas sejak anak tersebut masih belum memasuki tahapan sekolah.

Beberapa Cara Membuat Anak Cerdas

Hal pertama yang dapat Bunda lakukan adalah ketika anak masih dalam usia bulan dan masih harus diberikan ASI, lebih baik Bunda memberikan ASI ekslusif kepada bayi. Menurut sebuah penelitian bahwa anak yang mendapat ASI ekslusif dengan baik dapat dilihat dari tingkat kecerdasannya. Begitu juga dengan komunikasi.

Bunda sebagai orang tua tentu mengetahui dimana anak akan selalu menuruti apa yang dikatakan oleh orang tuanya, sehingga orang tua sangat berperan penting dalam komunikasi anak. Jika anak masih dalam usia bayi lebih baik sering diajak berkomunikasi untuk menambah kosakata baru, kemudian apabila anak sudah menginjak balita maka berikanlah kata-kata yang sangat baik karena anak cenderung meniru orang tuanya.

Cara membuat anak cerdas lainnya adalah dengan memberikan mainan yang edukatif. Anak cenderung akan lebih sering bermain oleh karena itu sejak dini lebih baik anak diberikan mainan yang dapat sekaligus membuat anak belajar.

Kemudian hal lainnya adalah makanan agar anak cerdas. Seperti yang Bunda tahu bahwa sejak kecil anak harus sudah diberikan makanan yang sangat sehat dan bergizi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam makanan tersebut Bunda pastinya akan menambahkan kandungan omega-3. Banyak yang menyebutkan bahwa omega-3 ini dapat membantu kecerdasan anak.

makanan agar anak cerdas

Selain dalam makanan ikan dan sebagainya, banyak juga vitamin-vitamin yang mengandung omega-3 yang dapat diberikan kepada anak. Selain itu anak juga lebih baik diajarkan tidak hanya terus menerus seperti di sekolah pada buku, anak akan lebih senang jika diajak berwisata. Oleh karena iu Bunda bisa berwisata sekaligus mengajarkan sesuatu pada anak secara tidak langsung, dengan begitu akan menghindari kejadian yang tidak menyenangkan untuk anak apabila terus dipaksa untuk belajar seperti stress.

Berikutnya dalam mengetahui cara membuat anak cerdas adalah dengan mengajarkan kemandirian dan tanggung jawab sejak dini. Memang orang tua biasanya cenderung akan khawatir terhadap anak jika sedang kesusahan, tetapi dalam hal ini agar anak Bunda dapat menjadi cerdas Bunda sebagai orang tua jangan terus mengkhawatirkan anak Bunda.

Sesekali Bunda harus percaya pada anak Bunda namun harus tetap memantau apa yang dilakukannya dari jauh sehingga tidak ada kekangan dalam melindunginya. Kemudian hal penting dalam membuat anak cerdas adalah dengan membuat anak merasa penasaran. Sehingga anak akan terus mencari dan bertanya yang akan menghasilkan banyak pengetahuan yang dia dapat.

Menumbuhkan rasa penasaran terhadap anak dapat Bunda lakukan ketika sedang bermain atau bercerita. Bunda juga bisa sesekali menanyakan balik apa yang dia tanyakan sehingga dia mencari tahu jawabannya sendiri dengan melihat langsung dan menyimpulkannya.