Penggunaan Bedak Bayi Ternyata Bisa Berbahaya Loh

Jika Bunda merupakan remaja atau ibu yang memiliki buah hati dan suka menggunakan bedak bayi, agaknya penggunaan terhadap bedak bayi harus mulai di waspadai. Hal tersebut disebabkan karena bedak bayi ternyata mengandung beberapa senyawa atau bahan kimia dalam komposisinya.

Bedak Bayi

Hmm, apa saja kira-kira ya komposisi yang terkandung dalam bedak bayi? Kemudian, apa bahaya yang bisa didapatkan ketika buah hati menggunakan bedak bayi? Dan untuk Bunda yang remaja apa bahaya yang bisa ditimbulkan? Seluruh poin-poin diatas akan dibahas pada artikel ini.

Bahan Kimia yang terkandung pada Bedak Bayi

Masuk pada bagian yang pertama yakni tentang bahan kimia yang menjadi bahan utama dalam membuat bedak bayi. Meskipun lembut dan wangi, bedak bayi juga menggunakan bahan kimia sebagai bahan dasar dalam pembuatannya, lho!.

Mari kita tengok apa saja bahan kimia yang digunakan untuk membuat bedak bayi.

1. Senyawa kimia yang ditimbulkan dari Magnesium Silcates. Bedak bayi atau yang biasa disebut talc ternyata memang mengandung talc atau talk yang memiliki nama ilmiah magnesium silactes. Bahan kimia tersebut digiling menjadi bagian berbentuk serbuk yang halus.

Bedak Bayi

2. Parfum. Aroma bedak bayi yang beraneka ragam disebabkan karena parfum atau pewangi yang digunakan.

3. Kalsium karbonat. Kalsium karbonat ternyata juga digunakan pada pembuatan bedak bayi. Senyawa kalsium karbonat dibutuhkan pada proses pembuatan bedak bayi.

4. Zinc stearate. Bedak bayi ternyata mengandung zinc stearate yang bisa bereaksi dengan sinar matahari dan radikal bebas. Bahayanya lagi, senyawa tersebut akan menyebabkan peningkatan asam pada kulit.

5. Pati beras. Pati beras juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuat bedak bayi. Pati beras ini memiliki kandungan yang cukup berbahaya karena dapat memicu kelenjar aktif dan meningkatkan dekomposisi bakteri dari hasil radikal bebas.

Setelah mengetahui bahan kimia yang terkandung pada bedak bayi, kini saatnya kita mengetahui bahaya yang bisa saja ditimbulkan jika menggunakan bedak bayi secara terus menerus. Berikut bahaya bedak bayi yang mungkin ditimbulkan bagi buah hati yang masih bayi dan mungkin bagi anda remaja yang menggunakan bedak bayi pada bagian wajah karena dianggap alami.

bahaya bedak bayi

1. Bedak bayi yang mengandung talc (seperti review diatas) ternyata butiran serbuk tersebut bisa masuk kepada jaringan paru-paru yang menyebabkan radang paru-paru. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kita tidak sadar dalam menggunakan bedak bayi secara terus menerus.

2. Parfum yang merupakan pewangi buatan dapat menyebabkan iritasi pada permukaan kulit buah hati dan orang dewasa yang menggunakannya.

3. Kalsium karbonat dapat menyebabkan pori tersumbat dan penyerapan keringat yang berlebih hingga akhirnya memunculkan biang keringat dan gatal-gatal.

4. Zinc stearate menyebabkan permukaan kulit yang tidak sedap dan mengalami peningkatan asam pada kulit. Hal tersebut disebabkan karena bedak bayi yang terus menumpuk.

5. Pati beras ternyata mudah melakukan dekomposisi dengan bakteri sehingga justru menyebabkan keringat yang berlebih pada permukaan kulit.

Melihat beberapa fakta mengenai bedak bayi tersebut, bagaimana cara kita menggunakannya? Cara menggunakannya cukup mudah yakni gunakan hanya 2 kali saja dalam sehari, usahakan ketika menggunakan dibersihkan lebih dahulu sehingga tidak menumpuk.

Demikianlah berbagai hal seputar bedak bayi dan cara menggunakan bedak bayi yang baik dan benar. Tips yang terpenting berikutnya ialah sempatkan untuk melihat komposisi jika anda akan memilih bedak bayi sehingga Bunda akan meminimalisir bahaya yang ditimbulkan.