Fakta Tentang Perkembangan Bayi Tiap Bulannya

Perkembangan bayi berlangsung sangat cepat. perkembangan bayi tiap bulan selalu mengalami perubahan yang signifikan. Sebagai orang tua yang baik, maka Bunda harus paham perubahan apa saja yang terjadi pada buah hati Bunda tiap bulannya. Penasaran? Ini dia perkembangan sang bayi setiap bulan.

Perkembangan Bayi

Bulan kesatu
Saat usia satu bulan, bayi sudah bisa menggeraka kepalanya ke kiri dan ke kanan pada saat posisi tengkurap. Gerakan jarinya sudah mulai terlihat yaitu dengan mencengkram tangannya kuat-kuat. Gerakan mata juga sudah terlihat karena sudah bisa mengikuti gerakan mata serta menatap tangan dan jari-jarinya.

Bulan kedua
Perkembangan bayi di bulan ini sudah semakin baik karena bayi sudah bisa menahan kepala dan lehernya sebentar pada saat posiis telungkup. Gerakan tangannya semakin berkembang yaitu dapat membuka dan menutup tangan serta sudah bisa membuat pukulan tanpa arah. Bayi sudah bisa merespon seeprti menangis dan tersenyum.

Bulan ketiga
Pada bulan ketiga, bayi sudah bisa mengambil benda dan merasakan beban pada kakinya. Dia juga sudah bisa memekik, bergumam, tertawa, dan menirukan gerakan orang di sekitarnya. Tangan semakin aktif yaitu mulai menggenggam benda dan mengisap ibu jari atau meninju.

Perkembangan Bayi 1 sampai 3 bulan

Bulan keempat
Di usai 4 bulan, bayi sudah bisa mendorong badannya ke atas pada saat telungkup ataupun duduk bertumpu pada lengan. Mengambilk objek pun semakin mudah seperti menggenggam benda dengan baik bahkan saat memakai sarung tangan sekalipun. Di usia ini bayi sudah menikati bermain dan bisa menangis saat dihentikan.

Bulan kelima
Perkembangan bayi pada bulan ini adalah dia sudah bisa berguling ke salah satu sisi bandannya dan bisa memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya. Di usia ini pula mereka sudah bisa meyemburkan busa dan menangis jika ditinggal oleh orang terdekatnya.

Bulan keenam
Bayi usia enam bulan sudah bisa berguling ke sisi kanan dan kiri, berceloteh, menggunakan tangannya untuk mengambil benda-benda kecil, dan sudah bisa mengenali orang-orang terdekatnya.

Bulan ketujuh
Pada usia tujuh bulan, bayi sudah bisa bergerak sedikit demi sedikit seperti merangkak dan juga sudah bisa menggunakan ibu jari dan jari tangan lainnya. Untuk perkembangan oral juga sudah meningkat dan sudah bisa bicara dengan cara yang lebih kompleks. Emosi pada bayi usia tujuh bulan juga lebih baik karena bayi sudah bisa merespon.

Bulan kedelapan
Bayi usia delapan bulan sudah dapat duduk tanpa dibantu dan sudah bisa bertepuk tangan. Bahkan mereka juga sudah bisa merespon saat dipanggil atau jika ada orang yang mengucapkan kata-kata yang akrab di telinganya. Di usia ini bayi akan melakukan permainan interaktif seperti cilukba.

Perkembangan Bayi 4 sampai 12 bulan

Bulan kesembilan
Di usia ini bayi sudah bisa merangkak dan belajar akan keberadaan objek di sekitarnya. Mereka juga sudah bisa mencubit. Bayi 9 bulan akan takut dengan orang asing di sekitarnya.

Bulan kesepuluh
Bayi sudah bisa menarik dirinya sendiri untuk dapat berdiri dan sudah bisa menyusun mainan. Di usia ini juga bayi sudah bisa melambaikan tangan dan belajar memahami sebab akibat.

Bulan kesebelas
Bayi usia sebelas bulan sudah bisa membalik halaman pada buku dan mulai mengeksplorasi barang-barang di sekitarnya seperti naik ke kursi. Di usia ini pula mereka sudah bisa memanggil mama atau papa.

Bulan keduabelas
Perkembangan bayi pada bulan ini adalah mereka akan memulai langkah pertama. Mereka sudah bisa membantu dirinya sendiri pada saat dipakaikan baju.