Perkembangan Bayi 10 Bulan

Saat bayi sudah mencapai usia 10 bulan maka banyak Bunda yang menjadi lebih cemas daripada biasanya. Disaat seperti itu, mereka berharap si bayi bisa tumbuh lebih cepat dan sudah bisa melakukan berbagai macam gerakan. Namun perlu diketahui pertumbuhan bayi mulai dari usia 1 bulan hingga 9 bulan agar bisa melihat perubahan pada bayi usia 10 bulan.

perkembangan bayi 10 bulan

Namun jika nanti bayi Bunda lahir prematur maka perbedaan yang dirasakan akan terlihat jelas dengan bayi yang lahir normal. Hal ini juga berlaku pada bayi yang mempunyai masalah kesehatan karena minum air ketuban. Ada beberapa kasus dimana ada bayi yang minum air ketuban saat lahir. Akibatnya kesehatan si bayi terganggu.

Berikut ini adalah hal yang harus Bunda perhatikan untuk menilai perkembangan bayi Bunda yang berusia 10 bulan.

Apa saja Perkembangan Bayi usia 10 Bulan?

1. Perkembangan fisik

Perkembangan fisik pada bayi 10 bulan dapat Bunda lihat pada bagian kaki dan punggungnya. Bayi Bunda sudah mempunyai pijakan kaki yang kuat sehingga sudah bisa berjalan. Jika bayi usia 10 bulan masih mencari pegangan untuk membantunya berdiri, bayi 10 bulan sudah bisa berjalan sambil dipegangi tangannya. Di usia ini jangan menggunakan baby walker karena ada resiko berbahaya untuk anak bayi yang menggunakan baby walker.

Perkembangan bayi 10 bulan juga bisa Bunda lihat apakah si anak sudah bisa bicara apa belum. Di usia ini bayi juga sudah mempunyai perkembangan yang baik untuk bicara. Jika bayi Bunda tidak mempunyai masalah pada bagian lidah dan bibir, biasanya bayi sudah mulai bisa mengucapkan beberapa kata seperti mama, papa, atau kata-kata lain yang sering didengar.

2. Perkembangan motorik

Perkembangan bayi 10 bulan pada bagian motorik adalah mereka sudah bisa bergerak bebas ke semua arah dan bisa melakukan gerakan jongkok, berdiri, duduk, dan menunduk dengan lebih bebas. Bayi Bunda juga sudah mulai bisa mengambil benda-benda kecil ataupun remah-remah makanan yang ada di lantai. Karena itu Bunda perlu waspadi penyakit diare atau sakit perut pada bayi dan bagaimana cara mengatasinya.

perkembangan bayi 10 bulan

Yang menarik pada usia ini adalah bahwa bayi sudah bisa bergerak dengan baik dan lincah jika mereka bertemu dengan orang yang dekat dan menyenangkan bagi si bayi. Bunda bisa saja memancing bayi Bunda untuk bergerak dengan berdiri dari kejauhan lalu panggil namanya. Pasti dia akan bergerak ke arah Bunda.

3. Perkembangan sensorik

Di usia inilah ingatan dan fisik bayi akan semakin bagus. Bahkan mereka sudah mulai mengenal nama mereka sendiri dan akan mendekatkan diri kepada orang yang memanggil nama mereka. Bayi 10 bulan juga sudah bisa mengenali siapa saja yang dekat dengan dia dan siapa saja yang terasa asing baginya.

Pada usia 10 bulan, bayi sudah dapat mengenal perintah dari orang dewasa namun hanya masih sekadar mengenal belum bisa melaksanakan perintah tersebut.

perkembangan bayi 10 bulan

Emosi bayi juga semakin berkembang. Mereka bisa menunjukkan rasa malu ataupun mengembangkan kepribadian yang lucu dengan cara tersenyum atau tertawa. Bahkan rasa suka dan tidak suka saat bertemu atau bermain dengan orang lain sudah bisa merasakan.
Kebutuhan nutrisi

Bayi sudah bisa mengenal makanan padat jadi Bunda sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk si buah hati. Makanan fermentasi seeprti keju atau yogurt juga sudah bisa dimakan namun perlu diperhatikan reaksi alerginya.

Dalam perjalanannya, perkembangan bayi 10 bulan harus selalu diawasi terus menerus agar kebutuhan nutrisi dan perhatiannya tercukupi.